perempuan pemimpin

Perempuan (Juga) Pemimpin Perubahan

PEMILIK usaha angkutan umum di masa pandemi seperti sekarang tentu harus punya optimisme agar usaha yang dijalankan tetap bertahan. Semua tahu, bagaimana dampak akibat penyakit menular baru di beragam sektor bisnis termasuk layanan jasa transportasi.

Moda transportasi jelas dibatasi keterisian penumpangnya. Aturan formalnya begitu. Meski sejatinya tanpa dibatasi pun di dalam bisnis jasa transportasi masih harus bersiasat begitu rupa agar tetap bisa jalan usahanya.

Pendek kata, hantaman usaha jasa transportasi massal tak ada habisnya paska krisis ekonomi dalam satu, dua dasawarsa terakhir. Bagi perusahaan yang mampu adaptif terhadap perubahan perilaku konsumen tentu akan selalu bisa bertahan. Bagi yang lain, jelas gulung tikar.

Kepemimpinan dan kepiawaian menjalankan usaha dalam bidang jasa transportasi penting agar tetap ada di benak konsumen. Ada kiatnya tersendiri.

Bagaimana caranya?

Apa yang dilakukan oleh sosok bos perempuan otobus ini menarik disimak. Berikan hiburan kepada publik dengan konten visual yang bertutur penuh canda tawa, di setiap dirinya tampil di hadapan kamera. Bukan dibuat-buat, prank dan sejenisnya. Apa adanya.

Ada juga bos perusahaan otobus yang menerbitkan buku, memberikan inspirasi demgan berbagi narasi kisah, catatan, harapan dalam usaha memberikan layanan jasa transportasi yang ideal kepada konsumen. Eka Sari Lorena Surbakti, pemilik otobus Lorena salah satunya.

Apresiasi khusus, tentu saja perlu diberikan kepada sosok perempuan tangguh yang bekerja memimpin perusahaan juga kepemimpinan publik.

Siapa saja mereka ini?

Banyak juga jika harus menyebutkan nama-nama juga otobus yang dikelola. Apapun sumber kepemimpinan yang didapatkan oleh para perempuan ini menarik untuk dicatat. Bukan karena sekedar cantiknya atau atribusi gendernyaa. Hal yang pasti tentu saja mengapresiasi kerja nyata, kiprah perempuan di aneka level kepemimpinan penting diberikan.

Jika kepemimpinan lekat dengan pelayanan, apa yang ditampilkan dalam konten visual yang menghibur, hal-hal sepele seperti yang ditunjukkan oleh pemilik Akas Green, Aprilia D Lestari tentu berdampak positif bagi publik. Kepemimpinan yang menghibur publik, ke depan tentu lebih ditunggu. Tak hanya sekedar populer semata.

*****

Soal perempuan menjadi pemimpin baik di lingkup bisnis maupun publik cukup mudah sekarang menyebutkan.

Sudah pernah ada perempuan memimpin negeri, bukan hanya Megawati Soekarnoputri yang baru saja diperingati hari lahirnya pada 23 Januari 2021, adalah Presiden RI ke-5, menjabat setelah Gus Dur dilengserkan dalam politik. Memimpin partai saat ada krisis politik. Khofifah Indar Parawangsa, Gubernur Jawa Timur sebelumnya adalah Menteri Sosial RI menjabat setelah meraih suara terbanyak di pilgub Jatim. Tri Risma Harini, Menteri Sosial di era Joko Widodo dapat kepercayaan di saat krisis kementerian gegara kasus korupsi. Menteri Kesehatan di era SBY, Siti Fadhilah Supari yang harus mendekam di penjara akibat tuduhan korupsi yang disebutkan tak pernah dilakukan tapi majelis hakim menetapkan putusan bersalah. Ada juga SK Trimurti, sosok pejuang perempuan yang namanya diabadikan untuk penghargaan jurnalistik.

Rasanya aneh juga kala hari ini, masih ada pihak yang bersikukuh soal gender dalam kepemimpinan. Meragukan bahkan menolak hadirnya pemimpin perempuan dengan beragam alasan pembenar, apalagi jika berkaitan dengan kepemimpinan publik, kepemimpinan budaya.

Ada arus besar perubahan yang terjadi. Urusan gender, bukanlah faktor utama keberhasilan kepemimpinan seseorang. Kerja nyata, aksi nyata, tampil di depan publik, berada dan bekerja langsung di lapanganlah yang akan memberikan impresi juga pengakuan keberhasilan seseorang memimpin.

Tapi apa yang seharusnya terjadi memang tak semudah didapatkan sesuai dengan apa yang ada dalam alam pikiran, dalam teori.

Di masa depan, paska pandemi, ada banyak perubahan yang butuh penyesuaian, butuh banyak adaptasi kebiasaan. Manusia yang hidup paska pandemi berhadapan dengan perubahan.

Siapkah sedulur semua?

#ceritapinggirjalan
#bersepedaselalu
#kepemimpinan

About the author

Pak Wali

Pak Wali

#bersepedaselalu

View all posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *